Kamis, 23 April 2015

BENDUNGAN BATU TEGI

Bendungan Batu Tegi merupakan Bendungan terbesar se-Asia Tenggara, Bendungan Batu Tegi diresmikan pada tahun 2004 oleh Wanita nomor satu yang pernah menjual BUMN, dan sekarang wanita ini masih menjadi ibu negera. Eh salah ya ? maaf maaf dia terlalu sering tampil di tv bersama pak pres ketimbang istrinya sih, jadi saya salah sangka. Atau jangan jangan ibu mantan itu adalah ibu kandung pak pres ? entahlah. 

Bendungan Batu Tegi merupakan Bendungan terbesar se-Asia Tenggara, Bendungan Batu Tegi diresmikan pada tahun 2004
Bendungan Batu Tegi
Bendungan Batu Tegi merupakan Bendungan terbesar se-Asia Tenggara, Bendungan Batu Tegi diresmikan pada tahun 2004
Keseluruhan Lokasi Bendungan Batu Tegi
 Tapi saya berterimakasih karena adanya bendungan ini. berterimakasih kepada yang memberikan ide pembuatan, berterimakasih kepada perancang, berterimakasih kepada pekerja, berterimakasih karena kepala negara memberikan izin, dan berterimakasih kepada indonesia. Terimakasih karena mereka masih memikirkan kualitas bendungan selain uang ”selempetan”. karena pembuatan bendungan ini jelas dibuat bukan sekedar iseng belaka, atau sekedar program coba coba. Apalagi hanya sebuah program yang hanya menghabiskan anggaran negara.

Bendungan ini dibuat oleh ahli di bidangnya, karena kenyataanya hingga saat ini belum ada kecacatan dari segi konstruksinya. Masih seperti baru. Wangi “cina” khas baju baru pun belum hilang. Sangat tertata, rapih, tak ada sampah bererakan dan membuat orang banyak tak menyangka ada tempat sebersih, serapih, dan seindah ini di desa yang jaraknya kurang lebih 80 KM dari ibu kota provinsi Lampung, Kota Bandar Lampung. Selain itu batu tegi jelas memiliki manfaat yang luar biasa mengingat besarnya dan banyaknya dana yang telah dihabiskan. Manfaat utamanya adalah sebagai penghasil tenaga listrik wilayah propinsi Lampung dengan kapasitas energi mencapai 100 GWh/Tahun. Besar sekali bukan ? mungkin hanya butuh 2 detik untuk membuat yang bernyawa mati jika terkena listrik ytang di hasilkan bendungan ini. dahsyat.

Bendungan Batu Tegi merupakan Bendungan terbesar se-Asia Tenggara, Bendungan Batu Tegi diresmikan pada tahun 2004
Panorama Bendungan Batu Tegi
Bendungan Batu Tegi merupakan Bendungan terbesar se-Asia Tenggara, Bendungan Batu Tegi diresmikan pada tahun 2004
Keindahan Alam Batu Tegi
 Batu Tegi menjadi penampung air hujan dan akan di keluarkan dikala kemarau menyerang, sehingga petani yang selama ini hanya tadah hujan dapat tetap bercocok tanam saat kemarau melalui sungai sungai yang dialiri air dari bendungan Batu Tegi. Bendungan Batu Tegi juga digunakan sebagai penyedia air baku bahan air minum disejumlah wilayah melalui PDAM yang tentunya sudah melalui pengolahan dan penyaringan hingga layak konsumsi, sebutlah Bandarlampung, bahkan lampung timur yang jaraknya kurng lebih 200 Km dari Bendungan Batu Tegi. Jadi bisa dibayangkan daerah yang jaraknya dekat dengan batu tegi, sudah pasti mendapat manfaat yang besar karena adanya bendungan yang satu ini.

Disisi lain fungsi yang tersebut tadi, rupanya Bendungan Batu Tegi adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi, aku kamu kalian dan mereka rasanya harus menyempatkan waktu untuk mengunjungi tempat ini, pasalnya Batu Tegi akan memberi tahu kita betapa berkelasnya seni tuhan dalam mencipta, panorama indah yang tersaji ? sudah jelas mempesona. Gugusan bukit bukit di kelilingi air yang nampak seperti pulau di tengah lautan. Seperti raja ampat dengan gugusan pulaunya. Tapi jangan harap bisa melihat indahnya terumbu karang disini seperti di raja ampat. Karena ini bendungan bukan lautan. lalu dari ketinggian bukit kita dapat melihat luasnya langit tercermin dalam genangan air yang amat luas membuat bendungan ini nampak seperti lautan tak berombak, indah sekali, belum lagi lingkungan rapih asri teduh dan bersih tanpa sampah. Cocok sekali untuk liburan bersama teman, pacar atau keluarga.

Bendungan ini akan dikenai biaya di pintu masuk utama yang digunakan untuk biaya perawatan dan biaya kebersihan, tak mahal tak akan lebih dari seporsi nasi ayam di warung padang. setelah sekali membayar kita bebas mengeksplorasi seluruh wilayah terbuka di dalamnya. spot utama yaitu bangunan bendungan berupa jalan yang membentang secara horizontal sepanjang 1 Km, kebanyakan dari pengunjung pasti akan melihat keseluruhan bendungan dari tempat itu, di ujung jalan tersebut juga terdapat bukit yang hanya tersisa separuh dan bertuliskan "Bendungan batu Tegi". Ada juga monumen 13, lalu bagi para olahragawan dan olaharaga wati yang ingin berlatih fisik Batu Tegi sediakan jalan yang bagus dan jalan menanjak yang bagus untuk melatih dan menambah stamina, bagi yang tak suka jalan ? Batu tegi yang luas ini dapat di akses denga kendaraan pribadi tanpa ada biaya parkir sana sini. Bersepeda juga akan sangat asik mengingat udara segar dan indah pemandangan yang disajikan. , tempatnya berada pada titik tertinggi jalan perbukitan untuk menuju ke sisi lain bendungan adalah tempat terbaik untuk bersantai menikmati indahnya pemandangan sembari menikmati kopi robusta khas lampung yang konon terbaik di dunia atau membunuh waktu dan memasukanya kedalam gambar untuk suatu saat sebagai sarana mengingat kenangan. 

Lokasi Bendungan Batu Tegi berada di Kecamatan Air Naningan, Tanggamus, Lampung. Akses jalanpun mudah, jalan beraspal, dapat dilalui sepatu roda, sepeda roda tiga, kendaraan roda 2, roda 4, bahkan kursi roda. Maka tunggu apa lagi ? ambil kendaraanmu, ambil hp sebagai GPS mu dan berangkat. Jika tak memiliki hp yang memiliki fitur GPS? Tenang saja, orang disini ramah jika kau tanyai. Kau hanya perlu sedikit membayar uang kebersihan dan ingat sopan santun harus dijaga dan jangan buang sampah semaunya. Oh iya aku rasa kunjungan terbaik ke Batu Tegi adalah bulan Maret hingga April. Karena jelas hujan sudah tak setiap hari dan duku rambutan siap panen di bulan ini. dan kalian tahu yang terpenting, sahabat akrab buah duku yang selalu saja bareng berbuah dengan dia juga berbuah. Tahu kan apa ? masa gak tahu ? DURIAN !!!!!!! Durian akan membanjiri pasaran di bulan bulan ini, kalian bisa membelinya di pinggir jalan sepanjang jalan menuju Batu Tegi dan biasanya semakin dekat dengan Batu Tegi maka harga durian akan semakin murah. Tak usah terlalu banyak mengeluarkan kocek. Selembar biru lima puluh ribuan sudah bisa bersendawa dan berkata “ISTIMEWA”.

Batu Tegi, salah satu bukti #IndahLampungku . Lampung sudah sediakan semuanya untuk kita. Indah alamnya, kaya sumberdayanya. Lampung hanya ingin kita berusaha sedikit untuk mencari tempat untuk buktikan #IndahLampungku memang ada, karena memang jelas ada dan istimewa. Lampung juga hanya ingin semua orang di Indonesia Nikmatinya dan ikut merawatnya. Karena Lampung adalah Indonesia dan Lampung milik kita semua. Jayalah #IndahLampungku Jayalah indonesia ku...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar