Kamis, 28 Mei 2015

Situs Megalitik Batu Monolith Padang Guci

Megalitik Padang Guci secara administratif berada di Desa Bungin Tambun 3, Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Secara astronomis, situs ini berada pada titik koordinat S 04º 28’32.4″ E 103º 14’58.4 ” Berdasarkan bentangan alamnya, lokasi tinggalan megalitik Padang Guci berada sekitar 500 meter arah timur dari Sungai Padang Guci. 


Pada profil monolit secara menyeluruh tidak nampak ada jejak pengerjaan. Monolith yang memiliki ukuran Panjang 2 m dan lebar 0,75 m ini, merupakan jenis batu andesit.

Pada awalnya di sekitar monolith terdapat batu dengan ukuran yang lebih kecil dan rotan yang sudah membatu, namun pada tahun 2008 ketika didirikan cungkup di atasnya, batu dan rotan tesebut dipindahkan. Keberadaan tinggalan megalitik berupa monolith di lokasi ini dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai tempat berziarah (puyang). Kondisi tinggalan pada saat ini cukup terawat.

Upaya pelindungan telah dilakukan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaaan dan Pariwisata Kaur dengan dibuatkan cungkup sebagai pelindungan. Untuk pemeliharaannya
dinas telah menunjuk juru pelihara pada tahun 2008, namun pada tahun 2011 tidak dilanjutkan karena ada pertimbangan tertentu.

‪#‎KPPGPPL‬
Info & Foto : BPCB Jambi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar