Senin, 16 Maret 2015

TUTORIAL PENDAFTARAN SM-3T ANGKATAN V TAHUN 2015

Kali ini saya akan memberikan artikel mengenai Tutorial Pendaftaran SM-3T, silahkan di simak:

1. Bukalah link http://seleksi.dikti.go.id
2. Kemudian akan muncul tiga submenu yaitu : pendaftaran SM-3T, pendaftaran PPCPAK, dan
pendaftaran PPGT. Pilihlah menu Pendaftaran SM-3T
3. Setelah itu carilah menu Pendaftaran Online, seperti pada gambar di bawah ini:



4. Setelah masuk maka akan muncul tampilan seperti ini:


Pada bagian ini Anda disuruh memilih darimanakah Pembina Perguruan Tinggi Anda berasal, misalnya di sini saya ambil contoh pilihan 1. Perguruan Tinggi Negeri (PTN), maka akan muncul tampilan daftar-daftar perguruan tinggi yang tercantum.



Nah tampilan baru akan muncul sesuai dengan pilihan awal tadi, karena di awal saya mencontohkan memili PTN maka yang muncul adalah daftar-daftar nama PTN yang diakui oleh Dikti, jika Anda memilih PTS dan lain sebagainya maka tampilan yang munculpun akan berbeda tentunya.

5. Pilihlah nama Perguruan Tinggi asal Anda lulus, di sini saya mencontohkan Universitas Lampung, setelah memilihnya maka akan muncul lagi menu yang baru, yaitu daftar program studi disertai kode universitas (UNILA 001026), pilihlah sesuai dengan disiplin ilmu yang Anda tempuh, di sini saya mencontohkan memilih Pendidikan Biologi (S1), setelah memilihnya maka akan muncul lagi menu baru yaitu Form Pendaftaran.



6. Dalam Form Pendaftaran itu akan tertera PTN dan Program Studi yang Anda pilih tadi,silahkan dicek kembali datanya, pada form ini juga Anda disuruh mengisi NIM/NPM Anda yang dapat dilihat di Ijazah (bukan nomor ijazah). Silahkan isikan dengan benar, begitu juga kolom tanggal lahir. Setelah semua terisi silahkan di klik lanjut. Nah setelah memilih lanjut maka data Anda akan diperiksa oleh dikti, apabila nama Anda terdaftar maka Anda akan bisa mengisi formulir selanjutnya, tetapi jika nama Anda tidak terdaftar meskipun biodata sudah terisi dengan benar maka kemungkinan terjadi kesalahan pihak Perguruan Tinggi Anda ketika menyetorkan data ke Dikti, untuk memeroleh informasi yang valid maka Anda harus menghubungi pihak Perguruan Tinggi Anda masing-masing dan meminta solusinya.



7. Jika pada Langkah 1 tidak ada masalah (Anda sudah terdaftar) maka akan muncullah tampilan seperti gambar di bawah ini. Kemudian lanjut ke langka 3, di sini Anda akan disuruh memilih lokasi tes online, silahkan pilih lokasi tes yang terdaftar dekat dengan domisi Anda. Tenang saja untuk lokasi tes ini tidak memengaruhi lokasi PPG yang nantinya akan Anda daftar, jadi misalnya kita ingin memilih UNY sebagai tempat untuk PPG setelah program SM-3T ini selesai, dan pada saat tes online Anda tidak tes di UNY namun di UNJ, itu tidak masalah, lokasi tes online hanyalah tempat untuk sekesar tes online, bukan lokasi untuk melaksanakan program PPG, kemudian pilih prodi PPG apa yang ingin Anda ikuti setelah SM-3T berakhir, untuk daftarnya dapat juga dilihat di halaman awal seleksi.dikti.go.id.



8. Setelah mengisi semua kolom di langka 3, klik lanjut. Setelah itu Anda akan memeroleh username dan password yang nantinya akan Anda gunakan untuk login (catat baik-baik, jangan sampai lupa).



9. Pilih login yang berada di pojok kanan atas, isikan username dan password yang Anda dapat tadi. Setelah itu Anda akan kembali memasuki halaman awal website Seleksi.dikti.go.id, bedanya sekarang ada menu tambahan di samping beranda, yaitu Pendaftar. Jika sudah ketemu, pilih menu tersebut maka Anda akan masuk ke menu untuk melengkapi kelengkapan berkas pendaftar, di antaranya, upload scan ijazah, transkip, foto, dan lain sebagainya, silahkan lengkapi data Anda, dan tinggal menunggu jadwal pengumuman seleksi administrasi tersebut, cek jadwal untuk lebih jelasnya.

Sekian tutorial Pendaftaran SM-3T angkatan V 2015, semoga kalian sukses selalu!













Tidak ada komentar:

Posting Komentar